Sunday 4 March 2012

WELCOME TO BE IUC CLUSTER2



Seorang teman mengajakku bergabung di sebuah wadah anak muda.  Bukan sebagai anggota tentu saja.  Dengan jumlah buntut 4 orang aku sudah pantas untuk membina remaja dan pemuda yang notabene seusia sulungku.  Insya Allah, begitu kata kesanggupanku.  Walau belum banyak pengalamanku di bidang pendidikan remaja dan pemuda, ya minimal aku dulu pernah mengalami jadi remaja juga.
Okeh, cerita berlanjut.  Jujur, sampai detik aku menghadiri acara perkenalan anggota dengan para instrukturnya (Salah seorangnya adalah aku), aku belum ‘ngeuh’ betul tulisan dan cara membaca nama wadah yang akan aku bina ini.  Hingga dengan rasa sedikit malu kudekati salah seorang pengurus dan berbisik di kupingnya, “Maaf Mbak, apa sih nama kegiatan acara ini?”  Tanganku ikut menunjuk pin yang dikenakan di dadanya.  “Oh, ini Be IUC, artinya Bekasi Islamic Youth Camp”Jawabnya.
Oh… Be IUC.  Manggut-manggut kepalaku tanda baru mengerti.  Keren ya,  batinku.  Dengan rasa takjub kupandangi satu persatu remaja putri dan putra yang wajahnya berseri tanda gembira melakukan kegiatan ini.  Kreatif ya, komentar keduaku.  Di usia mereka yang terbilang masih cimit-cimit, sudah berani melakukan suatu kegiatan positip mengasah kemampuan diri sesuai minat dan bakat.  Ada bidang menulis, fotografi, teater, futsal, nasyid dan IT (informatika teknologi).
PD banget deh, itu komentar ketigaku.  Apalagi saat aku melihat banyak di antara anggota dan pengurusnya adalah murid-muridku dulu.  Mereka yang dulunya, maaf, masih cengeng, ingusan, plonga-plongo, dengan rasa percaya diri yang tinggi berani berbicara dan mengkoordinir teman-temannya.  Apalagi ternyata di antara mereka sudah ada yang membuat sebuah kelompok nasyid yang cukup sering tampil di acara tertentu.  Saluuuuut dah!  5 Jempol buat kalian, Kak!
Menilik dari tampilan spanduk panggung acara, subhanallah… Tergambar di sudut kiri atas sebuah bola dunia biru kekuningan.  Gambar 10 pemuda berjajar rapi dengan tangan menggapai udara, seolah ingin meraih bintang, ada di bawahnya.  Tulisan di atas barisan pemuda terbaca seperti ini :  SHOW YOUR CREATIVITY  TO THE WORLD.  Wow… hebat ya!  Propokator banget kan kalimatnya… Bisa membuat dada bergetar dan mendidihkan darah muda mereka yang selalu ingin diperhatikan dan diakui keeksisannya.
Subhanallah… Alhamdulillah… Syukur padaMU ya Rabb.  Menciptakan generasi pilihan seperti mereka.  Aku yang pernah menjadi guru mereka pun ingin meledak rasanya. Saking bahagianya melihat mereka tumbuh menjadi remaja yang berfikiran dewasa dan kreatif.  Jika  dibandingkan dengan remaja lainnya yang menurut kabar yang kudengar dan kubaca, selalu saja ada berita negative tentang mereka.  Narkoba lah, tawuran massal lah, pergaulan bebas, dan lain sebagainya.  Bahkan ada yang mengatakan, remaja sekarang adalah generasi ALAY, yang selalu menjawab Tauk ya… Terserah deh… Ah, pokoknya ga punya kepribadian dan ga punya mimpi.  Anggota Be IUC ini benar-benar beda!  PD, punya mimpi dan cita-cita, dan of course gaul gituh loh!
Masih ada harapan ternyata.  Melihat antusiasme remaja di wadah ini aku jadi merasa muda lagi.  Mimpi-mimpi lawasku bertumbuhan lagi.  Aku ingin menjadi bagian orang-orang yang punya manfaat untuk mereka.  Aku ingin bisa membagi apa yang aku punya untuk mereka.  Aku ingin mencurahkan sebagian waktuku untuk menjadi sahabat mereka.  Aku ingin menjadi bagian dari sejarah dan bersaksi  bahwa masih banyak remaja yang punya cita-cita tinggi dan harapan besar, dan berani berkata AKU MAMPU MENJADI YANG TERBAIK UNTUK IBU DAN AYAHKU.  AKU BISA MENJADI GENERASI YANG TANGGUH UNTUK NEGERIKU.  AKU BISA  MENJADI TELADAN BAGI TEMAN-TEMANKU YANG LAIN.  PERCAYALAH… AKU BISA!
Anak-anakku… Teruslah berjuang dan menunjukkan jati diri kalian pada dunia.  Warnai cakrawala bumi dengan keindahan akhlak dan kreatifitas yang kau miliki.  Lukis dan buatlah mimpi-mimpi indahmu tentang masa depan.  Isi hari-harimu dengan kegiatan yang mendatangkan kagum penduduk bumi dan langit.  Mari kita bergandengan tangan,  membuat karya indah untuk mereka…Sungguh, ibu bangga memiliki kalian…

1 comment:

  1. asik, lg ngubek2 google nemu post-an ibu tentang be iuc :D bu, saya dr kmaren nyoba bikin blognya, tp terjadi kesalahan mulu bu.. jadi saya pending deh buat blognya.. ga papa ya bu :D

    ReplyDelete